Cara Memperbaiki Mesin Cuci (non Automatic System)

Cara Memperbaiki Mesin Cuci (non Automatic System) -

Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman Bang Moody pada saat memperbaiki mesin cuci merk Polytron 2 tabung non-automatic system. Mesin cuci ini sudah dua tahun lebih menjadi alternatif untuk membantu istri dalam urusan cuci mencuci. Suatu hari mesin cuci tersebut tiba-tiba "ngambek". Indikator keluhannya adalah drum untuk menampung air cucian tidak bisa menampung air. Air selalu mengalir dari selang pembuangan, padahal knop sudah di putar ke posisi off (menutup). 

Karena penasaran dan memang piranti yang satu ini sangat dibutuhkan dalam kegiatan rumah tangga sehari-hari. Bang Moody memberanikan diri untuk memperbaikinya sendiri, sebelum dibawa ke bengkel.

Berikut ulasan singkatnya :

1.    Buka cover instalasi belakang
2.    Buka tabung terminal
3.    Cek kondisi didalam tabung terminal yang merupakan pertemuan antara selang pembuangan (output) dari drum pencucian dan drum pembilasan. Setelah dibongkar ternyata ada material yang menyumbat saluran tersebut, material yang ditemukan berupa jarum peniti. Kemungkinan peniti itu lepas dari salah satu baju yang dicuci.




Bang Moody sedang melakukan perbaikan

4.    Langkah selanjutnya peniti diambil dan tabung tersebut dibersihkan dari sisa-sia karat dan kotoran yang menyumbat
5. Setelah tabung sudah bersih pasang kembali seperti semula
6. Selesai, mesin cuci sudah bisa dioperasikan kembali

Sekian tulisan singkat dari Bang Moody semoga bermanfaat. Sebelum beranjak sudilah kiranya sobat - sobat meninggalkan komentar, like, atau share.


Terima kasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya

1 komentar

moody dymaz mengatakan...

sma2 mas Dilon..trmksh sdh mampir, slm kenal balik...